Mengenali Makanan yang Mengandung Rhodamin

Temans, pernah tidak menjumpai makanan dengan warna merah menyala? Hati-hati, diantara makanan itu mungkin saja mengandung bahan pewarna yang berbahaya seperti rhodamin B.

pewarna ini tidak boleh untuk makanan

Sebenarnya rhodamin b adalah zat pewarna sintetis yang digunakan untuk produk tekstil, kertas, plastik dan sebagainya, namun tidak untuk makanan dan kosmetik.

Mengapa rhodamin b dilarang digunakan pada makanan?

Rhodamin b adalah salah satu zat yang dilarang penggunaannya pada makanan karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Efek rhodamin B pada kesehatan antara lain:

  • menyebabkan iritasi bila terkena mata
  • menyebabkan kulit iritasi dan kemerahan
  • paparan dalam waktu lama menyebabkan gangguan fungsi hati
  • mengandung senyawa radikal yang dapat menyebabkan kanker

Dalam penelitian dengan menggunakan tikus, pemberian rhodamin B dengan dosis 887 mg/kg berat badan menyebabkan kematian pada separuh populasi hewan coba.

Meskipun berbahaya, namun di pasaran masih banyak dijumpai makanan dengan pewarna rhodamin b. Pada jajanan anak sekolah masih banyak dijumpai makanan yang positif mengandung rhodamin B. Dari hasil pengawasan BPOM di wilayah Jawa Timur didapatkan makanan yang biasa mengandung rhodamin B antara lain :

Es Sirup

                         

Tidak semua es sirup yang berwarna merah itu mengandung rhodamin, hanya warna merah yang seperti ini yang patut kita curigai mengandung pewarna berbahaya. Perhatikan warna merah yang berpendar bila terkena cahaya matahari, memang menarik dan terlihat segar tapi ini berbahaya dan berefek buruk bagi kesehatan.

Arum Manis

Tidak dilarang makan arum manis (saya juga salah sau penggemar berat makanan yang seperti kapas ini) tapi untuk kesehatan kita sebaiknya pilih yang berwarna putih saja ya.. Gulali ini juga posiif lho… (padahal ini juga suka kubeli jaman sekolah dulu)..

                   

Kerupuk Merah    

Merahnya khas, biasa ada pada kerupuk pasir berwarna merah(sekali lagi, beli yang warna putih aja deh..). kerupuk yang memakai pewarna rhodamin akan berwarna merah menyala dan terkadang didapati bintik-bintik merah pada permukaannya karena an yang tidak merata (maklum, bukan pewarna makanan sih..).


Terasi

Terasi yang menggunakan rhodamin b berwarna coklat kemerahan (bahkan merah kecoklatan), dan bila dibelah terdapat bintik-bintik merah kehitaman karena pewarnaan yang tidak merata.

Terasi yang tidak mengandung rhodamin B

Terasi mengandung rhodamin B

Selain berwarna merah cerah, makanan-makanan ini akan sedikit menimbulkan rasa pahit bila di makan, dan menimbulkan rasa gatal di tenggorokan karena sifat rhodamin B yang dapat mengiritasi tadi.

Jadi temans, sudah tahu kan bagaimana ciri-ciri makanan yang mengandung rhodamin b. Kadang para pedagang tidak tahu bahwa perwarna yang digunakan itu berbahaya, tugas kitalah yang sudah mengerti untuk mengingatkan. Banyak kok pewarna merah yang diijinkan untuk makanan seperti ponceau, carmoisin, erytrocyn dan warnanya tidak kalah menarik dengan rhodamin. Atau bila kita tidak bisa mengingatkan si penjual, paling tidak jangan membelinya. Kadang penjual tetap memakai pewarna berbahaya dengan alasan yang merahnya menyala ini yang lebih laku. So, mari bersama-sama mengawasi makanan di sekitar kita !!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s